Tutorial : Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10

Snipping Tool adalah salah program aplikasi Windows 10 yang berfungsi untuk mengambil screenshot atau rakaman layar komputer/laptop. Program aplikasi percuma dari Microsoft ini dapat mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form snip), bentuk segi empat (Rectangular snip), screenshot jendela tertentu (window snip) dan screenshot layar penuh (full screen snip).

Sebelum terus ke perbahasan cara-cara mengambil screenshot dengan Snipping Tool di Windows 10, sebaiknya kita memahami User Interface atau antarmuka pengguna program aplikasi Snipping Tool ini.



Pada dasarnya, Snipping Tool terdiri dari 5 button seperti pada gambar diatas. Kelima button ini mempunyai fungsi masing-masing seperti berikut ini :

   ▪️ Button [New] : Klik button ini untuk mengambil screenshot yang sesuai dengan mode yang diinginkan.
    ▪️Button [Mode] : Memungkinkan kita untuk memilih berbagai jenis screenshot seperti mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form snip), bentuk segi empat (Rectangular snip), screenshot jendela tertentu (window snip) dan screenshot layar penuh (full screen snip).
   ▪️ Button [Delay] : Penundaan screenshot selama 1, 2, 3, 4 hingga 5 detik.
    ▪️Button [Cancel] : Untuk membatalkan tindakan pengambilan      screenshot saat ini.

   ▪️ Button[Options] : Untuk melakukan beberapa setting yang diperlukan pada Snipping Tool.

Membuka aplikasi Snipping Tool


Kita dapat membuka program aplikasi Sniping Tool di Windows 10 dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan menggunakan Search Bar (Bar Pencarian), melalui Start Menu dan Menggunakan Run Command.

  • Dengan Menggunakan Search Bar : Di Search Bar, ketik “Snipping Tool” dan kemudian klik hasil pencariannya yaitu [Snipping Tool] seperti gambar dibawah ini.
  • Dengan Menggunakan Start Menu : Klik logo [Windows] untuk menampilkan Start Menu, gulir ke bawah untuk mencari [Windows Accessories], klik [Windows Accessories] kemudian cari dan klik [Snipping Tool].
  • Dengan Menggunakan Run Command : Tekan logo [Windows] + [R] pada keyboard komputer untuk membuka Window Run Command. Ketik “snippingtool” di kota Run Command dan kemudian klik [OK] atau tekan [Enter] pada keyboard.

Cara Menggunakan Snipping Tools di Windows 10 Untuk Mengambil Screenshot


Setelah kita memahami User Interface Snipping Tool dan juga cara membuka program aplikasi Snipping Tool. Kini saatnya kita melakukan Screenshot atau Print Screen dengan menggunakan Snipping Tool di Windows 10. Berikut ini adalah langkah-langkah mengambil screenshot dengan Snipping Tool.

  1. Buka Program Aplikasi Snipping Tool di komputer kita dengan menggunakan salah satu cara yang disebut diatas.
  2. Pada User Interface Snipping Tool, klik [Mode] kemudian pilih dan klik jenis screenshot yang kita inginkan.
Catatan : kita juga dapat langsung menggunakan [New] untuk melakukan screenshot pada layar komputer kita.


3. Setelah klik mode screenshot pilihan kita (contohnya Rectangle) atau klik [New], layar pada komputer kita akan menjadi pudar dan mengubah pointer mouse menjadi Cross-hair yang berbentuk seperti tanda “+”. Ini memudahkan kita untuk memilih area yang ingin kita screenshot dengan cara menahan tombol mouse dan menyeret kursor di area yang kita inginkan.
   
4. Setelah area yang kita inginkan tersebut dipilih, lepaskan button mouse. Screenshot akan secara automatik disalin (copy) ke Clipboard.
   
5. Selanjutnya, lihat hasil screenshot tersebut dan klik ikon [Save] atau klik [File]>[Save As] untuk menyimpan screenshot di tempat yang kita inginkan.

Demikian Cara menggunakan Snipping Tool di Windows 10 untuk mengambil screenshot yang diinginkan. Semoga Bermanfaat.

Catat Ulasan

2 Ulasan

  1. nice tutorial. biasa juga guna snipping tool ni. mudah nk screenshot

    jom singgah www.hellokerja.com

    BalasPadam